Thursday, January 30, 2014

Browse » home» » » » » » » Sarung Samarinda Andalan Ekonomi Masyarakat Kaltim

Sarung Samarinda Andalan Ekonomi Masyarakat Kaltim


Pasaran Sarung Samarinda yang merupakan salah satu ciri khas Samarinda, kalimantan Timur itu. Meskipun sudah banya pesaingnya di wilayah Gresik, namun masih eksis untuk diekspor hingga ke Dubai.

Pusat kerajinan Fitriah salah satu toko yang khusus menjual Sarung Samarinda, Batik Kaltim, souvenir Kalimantan dan lainnya merupakan salah satu penghasil perekonomian Samarinda sendiri.

Banyaknya konsumen yang mengetahui dan memburu ke sana diberi harga sekitar Rp. 300.000,-. Wajar saja jika sarung yang demikian khas itu diminati oleh penjuru dunia sekalipun. Sarung yang dibuat di Samarinda Seberang produksinya sekarang tidak banyak, kurang lebih 50 Kg sebanyak 100 lembar, 1 kilo bisa menjadi 3 lembar.

Strategi yang dipakai untuk mempertahankan usaha Sarung Samarinda dari Kaltim ini para pengusaha Kaltim mencari celah agar mudah masuk.

Ia mengaku dulu pernah mendapatkan penghargaan Upakarti dari Disperindag Kaltim, dan sering diundang untuk mempromosikan sarung tersebut kepada tamu-tamu yang datang dari luar Samarinda di Lamin Etam sewaktu masih Almarhum Ardans menjabat sebagai Gubernur Kaltim.

No comments:

Post a Comment